Percakapan ialah suatu dialog yang dilakukan oleh dua orang melalui telepon atau secara langsung. Seiring berjalannya waktu banyak orang yang melalukan percakapan melalui telepon. Teks percakapan dapat disebut teks dialog yang biasanya digunakan untuk penulisan naskah atau teks drama. Maka dari itu contoh percakapan dua orang di telepon hampir sama seperti teks dialog dalam naskah drama.
Munculnya percakapan yang terjadi pada dua orang atau lebih dikarenakan adanya topik menarik yang dapat diperbincangkan. Percakapaan tersebut juga dapat bersifat memberi informasi. Percakapan merupakan sebuah komunikasi secara lisan yang dapat terjadi dimana saja.
Percakapan tersebut juga dapat terjadi melalui media lain seperti telepon. Diera modern ini tentunya kita sering melakukan percakapan ditelepon. Hal tersebut dikarenakan lebih efektif dibandingkan harus pergi ketempat orangnya langsung. Namun dalam percakapan ini juga membutuhkan tatakrama bertelepon yang benar. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh percakapan dua orang di telepon. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.
Berikut beberapa contoh percakapan dua orang di telepon :
PERCAKAPAN DALAM
TELEPON PAKET 1
Sekretaris : Selamat pagi, Naulifar Fahlevia, PT.
Bumi Citra Permai. Ada yang bisa saya bantu?
Penelepon : Selamat pagi, saya Ibu Sarah selaku
sekretaris Bapak Kuncoro, dari PT.Bimantara ingin berbicara dengan Bapak
Anggito Prambudi selaku Direktur PT. Bumi Citra Permai.
Sekretaris :
Mohon maaf Ibu Sarah, Bapak Anggito sedang tidak berada ditempat. Beliau sedang ada perjalanan bisnis ke luar
kota. Apakah ada pesan yang ingin disampaikan untuk beliau?
Penelepon : Iya Ibu, Bapak Kuncoro selaku
pimpinan kami ingin mengkonfirmasikan pertemuan makan malam dengan Bapak Anggito
yang bertempat di Resto Bumbu Desa Jl. Garuda 25, Yogyakarta pada
Hari Kamis, 8 November 2018 pukul 19.00 WIB
Sekretaris :Baiklah, akan saya sampaikan pesan Ibu
kepada Bapak Anggito dan untuk konfirmasi lebih lanjut, akan saya hubungi
kembali.Bolehkah saya tahu alamat beserta nomor telepon dari PT. Bimantara?
Penelepon : Kantor kami beralamatkan di Jl. Kol.
Sugiono No.23 Yogyakarta. Nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu
0213456721
Sekretaris : Maaf Ibu Sarah, mungkin ada yang
bisa saya bantu kembali?
Penelepon : tidak terima kasih. Saya tunggu
konfirmasi dari Ibu secepatnya.
Sekretaris : Baiklah. Ibu Sarah akan segera saya
hubungi setelah pesan tersebut mendapat tindak lanjut dari pimpinan kami.
Penelepon : Terima kasih, selamat pagi.
Sekretaris : Selamat pagi.
PERCAKAPAN DALAM
TELEPON PAKET 3
A. Menerima Panggilan Telepon
Sekretaris :Selamat
pagi, dengan saya Naulifar Fahlevia, Sekretaris dari PT Mandala Store. Ada yang
bisa saya bantu?
Penelpon :Selamat
pagi, saya Bapak Tambisono Geral, ingin berbicara dengan pimpinan anda Bapak
Adi Nugroho.
Sekretaris :Mohon
maaf Pak, Bapak Adi sedang tidak berada ditempat. Beliau sedang ada perjalanan
bisnis ke luar kota. Apakah ada pesan yang ingin disampaikan untuk beliau?
Penelepon :Saya
ingin menkonfirmasi kesediaan Bapak Anggito untuk hadir sebagai pemateri dalam
acara Seminar Kesehatan.
Sekretaris :Baik, akan saya sampaikan pesan Bapak
kepada Bapak Anggito dan untuk
konfirmasi
lebih lanjut, akan saya hubungi kembali. Ada yang bisa saya bantu lagi, pak?
Penelepon :Tidak, terima kasih. Saya tunggu
konfirmasi dari anda secepatnya.
Sekretaris :Baik
Pak, akan segera saya hubungi setelah pesan tersebut mendapat tindak lanjut
dari pimpinan kami.
Penelepon :Terima kasih, selamat pagi.
Sekretaris :Selamat pagi.
B. Melakukan Panggilan Telepon
Cs :PT
Moderen Teknologi, Selamat pagi. Ada yang bisa kami bantu ?
Naulifar :Selamat pagi, saya Naulifar sekrataris PT Mandala Store. Saya ingin berbicara dengan Bapak Tambisono Geral, apakah bisa disambungkan?
Cs :Mohon maaf, apakah sudah membuat janji sebelumnya?
Naulifar :Belum, apakah disambungkan dengan Bapak Tambisono Geral?
Cs :Baiklah saya akan sambugkan kepada Bapak Tambisono Geral diruangannya, silahkan tunggu sebentar.
Naulifar :Baiklah, terimakasih.
Naulifar :Selamat pagi, saya Naulifar sekrataris PT Mandala Store. Saya ingin berbicara dengan Bapak Tambisono Geral, apakah bisa disambungkan?
Cs :Mohon maaf, apakah sudah membuat janji sebelumnya?
Naulifar :Belum, apakah disambungkan dengan Bapak Tambisono Geral?
Cs :Baiklah saya akan sambugkan kepada Bapak Tambisono Geral diruangannya, silahkan tunggu sebentar.
Naulifar :Baiklah, terimakasih.
Cs :Permisi, masih dengan ibu Naulifar?
Naulifar :Iya, dengan saya sendiri.
Cs :Mohon maaf ibu Bapak Tambisono Geral sedang bertemu dengan klien, apakah ada pesan yang ingin disampaikan?
Naulifar :Baiklah, tolong sampaikan kepada Bapak Tambisono Geral, bahwa pimpinan saya atas nama Bapak Adi Nugroho Manager PT Mulia Bakti ingin mengkonfirnasi kedatangan nya sebagai pemateri diacara Seminar Kesehatan pada tanggal 23 Maret 2018.
Cs :Baiklah bu, akan saya sampaikan kepada Bapak Tambisono Geral.Apakah ada hal lain yang ingin disampaikan?
Naulifar :Iya, saya ingin menginformasikan bahwa pimpinan kami akan tiba di Jakarta pukul 07.30 WIB dengan pesawat GIA 667, kami meminta agar diatur penjemputannya dibandara.
Cs :Baiklah ibu, akan saya sampaikan pesan kepada Bapak Tambisono Geral bahwa Bapak Adi Nugroho bersedia hadir sebagai pemateri pada acara seminar kesehatan pada tanggal 23 Maret 2018, dengan pesawat GIA 667 tiba pukul 07.30 WIB dan meminta untuk dijemput di bandara.
Naulifar :Iya, terimakasih.
Cs :Adakah nomor telepon yang bisa kami hubungi lebih lanjut, bu?
Naulifar :Anda bisa menghubungi kami pada nmor 0271- 667-778-889.
Cs :Baiklah akan saya ulang sekali lagi. Kami bisa menghubungi PT.Mandala Store pada nomor 0271- 667-778-889 apakah sudah benar ?
Naulifar :Sudah, Baiklah saya kira cukup. Terimakasih dan selamat pagi.
Cs : Selamat pagi.
Inilah beberapa contoh percakapan dua orang di telepon yang dapat saya bagikan. Sebelum melakukan percakapan dua orang di telepon, terlebih dahulu anda harus memahami etika bertelepon yang baik. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.
bagi tips mba bagaimana cara menelepon agar gak gugup
BalasHapusmakasih
sholat lima waktu.rajin sedekah.segalak galak dan sebawel bawel costumer akan luluh dengan jiwa dan hati nurani kita yg bersih dan sabar. in sha allah tidak gugup.
HapusAndra andra ad telpon masuk
HapusAjarin saya mba cara TLP Kline yang baik supaya dia mau ajukan produk ke kami lagi,terima kasih karna saya baru pertama kali
HapusBaik sangat membantu
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusGimana menangani agar tidak gugup saat ber teelepon?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSangat membantu.
BalasHapusSangat membantu.
BalasHapusGood
BalasHapusSangat bermanfaat sekali
BalasHapusSangat membantu. Terima kasih
BalasHapusSangat membantu,terimakasih
BalasHapusTerimakasih. Sangat membantu.
BalasHapusmasa iya
BalasHapusapa iya?
BalasHapusBacot
BalasHapusHah
BalasHapusGood
BalasHapusContoh Percakapan antara Penelpon Sekertaris dan Penerima Direktur
BalasHapusTemanya apa ini??
BalasHapusSangat membantu , dan bermanfaaf sekali🙏
BalasHapusSangat membantu. Terima kasih
BalasHapusGoods
BalasHapusnama sekretaris dulu ya baru pt nya
BalasHapusgak guna
BalasHapusSangat bermanfaat bagi yang anak kantoran
BalasHapusbetul kak
HapusSangat bermanfaat terima kasih
BalasHapusAndra andra ad telpon masuk
BalasHapushahahah keren boss
BalasHapusPanjanh
BalasHapusBahasa inggris nya tolong di kasih dong kk
BalasHapusokedee
BalasHapusahhhh wdk
BalasHapusSangat membantu 🙂
BalasHapusMantap Gan
BalasHapusSemoga bener lah
BalasHapusBaca juga Contoh Percakapan Telepon Sekretaris Dalam Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar, makasih....
BalasHapus